Pernahkah Anda penasaran dengan bagaimana cara kerja mesin fotocopy? Meskipun terlihat gampang pada dasarnya, proses kerja di dalam mesin fotocopy tidaklah sesederhana kelihatannya. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa profesi tukang fotocopy sangatlah menggiurkan. Meskipun terlihat biasa-biasa saja akan tetapi keuntungan yang didapatkan para tukang fotocopy cukuplah menguntungkan.

Saat ini, berdasarkan fakta di lapangan, keberadaan fotocopy masih tetap diperlukan. Terutama bagi para mahasiswa saat membuat makalah, skripsi, tugas akhir. Maka jangan heran jika kehadiran fotocopy sering ditemui di daerah-daerah kampus

Selain itu karyawan dan pegawai kantoran memanfaatkan fotocopy sebagai alat membuat surat dan dokumen kerja, inilah mengapa bisnis fotokopy ramai di tempat-tempat instansi pemerintahan, perkantoran dan tempat bisnis.

Merek mesin fotokopy yang paling sering kita dengar adalah canon, kyocera, dan HP. Kegunaannya selain menyalin dokumen, juga bisa untuk alat cetak atau printer serta sebagai scanner foto, bahkan menconvert dokumen menjadi pdf. Mesin elektrostatik di-dalammya membuat komponen dapat mendigitalkan secara fotolistrik, inilah mengapa sering disebut dengan elektrostatis.

Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai komponen di dalam mesin fotocopy beserta prinsip cara kerjanya dalam menggandakan dokumen. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Komponen Utama / Dasar pada Mesin Fotokopi dan Gambarnya

cara kerja mesin fotocopy berdasarkan listrik statis

Sebelum mengetahui proses kerja dari mesin fotokopi ini, mari mengenali berbagai komponen yang ada di dalam mesin fotocopy terlebih dahulu. Tentu saja bagian-bagian ini sangat berperan penting dalam menghasilkan gambar dokumen yang berkualitas. Berikut ulasannya untuk Anda.

Cahaya Reflektor

Komponen pertama di dalam mesin fotocopy ialah cahaya reflector. Cahaya reflector ini memiliki fungsi dalam menscanning gambar pada dokumen yang akan digandakan. Pada dasarnya, sinar reflector ini mengandung ultraviolet sehingga berbahaya jika dilihat secara langsung atau dengan jarak dekat.

Drum Pemutar

Bagian ini memiliki fungsi utama untuk melakukan pencetakan gambar dari hasil pantulan proyeksi. Sesuai namanya yaitu drum pemutar, bagian ini akan bekerja dengan cara berputar secara otomatis.

Toner

Istilah toner tidak hanya diperuntukkan untuk skincare saja loh. Toner juga menjadi elemen penting di dalam mesin fotocopy. Fungsi utama toner ialah untuk menumpahkan tinta di bagian drum pemutar.

Kertas Master

Kertas master ialah dokumen yang akan digunakan untuk difotokopi atau digandakan.

Kertas Hasil

Adapun kertas hasil ialah media yanh menjadi hasil scanning dan salinan dari kertas master.

Cara Kerja Mesin Fotokopi

cara kerja mesin fotocopy canon

Setelah mengetahui komponen-komponen yang berperan penting di dalam mesin fotocopy, selanjutnya mari membahas tentang proses kerja dari mesin fotocopy ini. pada dasarnya proses kerja dari mesin fotocopy ini tetaplah mengandalkan konsep listrik statis yang menggunakan partikel bermuatan positif dan juga negative di bagian mesinnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang proses kerja dari mesin fotocopy ini maka silahkan menyimak langkah-langkahnya berikut ini secara berurutan.

  • Pertama master kertas diletakkan di bagian atas kaca dengan posisi yang menghadap ke bawah
  • Selanjutnya, mesin fotocopy akan dinyalakan yang akan dilanjutkan oleh cahaya reflector untuk melakukan proses scanning gambar pada kertas master
  • Kemudian, gambar hasil scanning ini akan dipantulkan lewat lensa menuju tabung drum yang terbuat dari bahan aluminium yang berlapis bahan selenium
  • Setelah itu bagian gambar yang terkena cahaya terang akan berinteraksi dengan ion positif yang terdapat pada kawat korona atas. Adapun bagian gambar yang gelap akan memiliki muatan positif. Kawat korona atas ini terletak di bagian unit tabung drum
  • Selanjutnya, serbuk tinta atau toner yang mempunyai muatan negative lakan ditarik oleh ion positif pada permukaan drum
  • Saat kertas hasil telah melewati bagian bawah drum ketika berputar maka akan menghasilkan muatan positif akibat interaksi dengan kawat korona bawah. Setelah itu, toner pun akan menempel di bagian kertas tersebut.
  • Selanjutnya kertas hasil akan diteruskan melalui pemanas sehingga toner pun menjadi leleh dan semakin menempel kuat di bagian permukaan kertas hasil
  • Dokumen salinan pun telah selesai dicetak

Kesimpulan dari yang kami terangkan diatas secara singkat adalah bahwa mesin fotokopy adalah rangkaian sistem fisika yang saling berhubungan yang secara manual akan mengubah artikel fisik menjadi digital, tahap-tahap memfotokopi sudah kami jelaskan diatas, begitu juga kami juga sudah menjelaskan pengertian dan contoh secara lengkap apa saja yang dapat dilakukan meisn fotokopy.

Perbedaan scanner dan fotokopy adalah terletak dari hasil dan mesinnya yang lebih simpel mesin scanner, yang biasanya menggunakan efek laser ketika proses di dalamnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *